STARTEGI PEMBAELAJARAN
A.Pengertian
Pembelajaran adalah : upaya membelajarkan sisiwa untuk belajar , sedangkan strategi adalah suatu rencana tentang penyalagunaan dan penggunaan potensi dan sarana yang ada untuk emningkatkan efektivitas dan efisiensi pengajaran.
Dick dan Carey mengatakan bahwa pembelajaran adalah sebuah komponen materi atau paket pengajaran dan prosedur yang digunakan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pengajaran , tidak hanya terbatas pada prosedur kegiatan melainakn seluruh komponen materi atau paket pengajaran dan pola pengajaran itu sendiri.
B.Tahapan Pembelajaran :
1.Tahap pemula ( prainstruksional ) : tahap persiapan guru sebelum kegiatan pembelajaran dimulai
2.Tahap pengajaran ( instruksional ) : langkah – langkah yang dilakukan saat pembelajaran berlangsung
3.Tahap penilaian dan tindak lanjut : penilaian atas hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dan tindak lanjut nya yakni mengadakan penilaina keberhsilan belajr siswa dengan posttest .
Tahapan – tahapan tersebut memiliki hubungan yang erat dalam penggunaan staregi pembelajaran,oleh karna itu setiap penggunaan strategi pembelajaran harus merupakan rangkaian yang utuh dengan tahapan pengajaran
C.Pemilihan Stategi Pembelajaran
Twelker mengemukakan dasar strategi pembelajaran mencakup 4 hal yakni :
1.Penentapan tujuan pengajaran
2.Penetapan sistem pendekatan pembelajaran
3.Pemilihan dan penentapan metode ,teknik dan prosedur pembelajaran
4.Penentapan kriteria keberhasilan proses pembelajaran dengan evaluasi yang digunakan
D . Jenis Strategi Pembelajaran
1.Atas dasar pertimbangan proses pengelolaan pesan
@.Strategi deduktif
@.Strategi Induktif
2.Atas dasar pertimbangan pihak penelola pesan
@.Strategi ekspositorik
@.Strategi Heuristis
3.Atas dasar pertimbangan pengaturan guru
@Strategi seorang guru
@ strategi pengajaran beregu
4.Atas pertimbangan jumlah siswa
@ strategi kalsikal
@strategi kelompok kecil
@startegi individual
5.Atas dasar pertimbangan interaksi guru dengan siswa
@ Strategi tatap muka
@ strategi pengajaran melalui media
E.Klasifikasi Startegi Pembelajaran
1.Enquiry-Discovery Learning
Enquiry discovery learning adalah belajar mencari dan menemukan sendiri dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah .Secara garis besar prosedur nya adalah :
#.Simulation
#.problem statement
#.Data collection
#.Data processing
# Vertification ( pembuktian )
# Generalization
2.Exposition Learning
Dalam hal ini guru menyajikan dalam bentuk yang telah dipersiapkan secara rapi , sitematis ,lengkap,siswa tinggal menyimak dan mencerna saja.Secara garis besar prosedur nya :
#.Preparasi
#. Apersepsi
#.Presentasi
#.Resitasi
3.Mastery Learning
Mastery Learning adalah Mengusahakan upaya – upaya yang dapat menghantarkan siswa ke arah tercapai nya penguasaan penuh terhadap bahan pelajaran. Prosedur nya :
$.Melakukan Remedial
$.Melakukan pengayaan
4.Humanistic Education
Humanistic Education adalah upaya – upaya untuk membantu siswa agar dapat mencapai perwujudan diri nya sesuai kemampuan dasar dan keunikan yang dimiliki nya,pendekatan nya bersifat enquiry – discovery based approaches.
Implementasi Strategi pembelajaran
!.Persiapan pembelajaran
!. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran
!. Evaluasi hasil program belajar
!.Perbaikan program kegiatan pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar