INTELEGENSI DAN KREATIVITAS
A.Pengertian Intelegensi
0.Defenisi pertama Inte

legensi dikemukakan oleh : Wechsler dalam Alder yang merumuskan intelegensi merupakan kecepatan bertindak secara sengaja , berfikir secara rasional dan berhubungan secara efektif dengan lingkungan
o.menurut helbert intelegensi adalah kualitas bawaan sejak lahir
0. Menurut C. Burn intelegensi adalah Kemampuan kognitif umum bawaan
0.Menurut Hornby Intelegensi adalah kemampuan belajar , memahami dan memberikan alasan yang kesemua nya itu merupakan kemampuan mental,kata-kata intelegensi ini terkait dengan I Q
0. Menurut Santrock ada tiga kemampuan yang membentuk intelegensi yakni : kemampuan verbal,kemampuan menyelesaikan masalah,dan kemampuan belajar dari pengalaman sehari-hari

B.The First Modern Intelligence Test ( tes kecerdasan modern yang pertama
Awal mula tes intelegensi adalah tes yang dirintis oleh Binet Alfred dan Theodore Simon diparis substansi nya : terkait tugas anak dengan menyertakan kosa kata,hitungan , memberikan alasan , gambar,dan teka-teki.Binet memberikan lebel “ kapsitas otak sesuai usia”, sehingga tes ini diberikan sesuai dengan ukuran tes yang sesuai dengan usia
C. Guilford’s of Intellect ( struktur otak / akal menurut Guilford )
J.P Guilford menjelaskan struktur intelegensi terdiri dari 3 dimensi : Operations memiliki 5 komponen : cognition,memory,divergent nproductions,convergen productions dan evaluation, Contents meliputi 6 komponen : visual,auditory,simbolic,semantik,dan behavioral , dan Products memiliki 6 komponen : unit,classes,relations,systems,transformations,and implications
D. Summary of popular Intelligence tests ( ringkasan tes kecerdasan yang populer )
Hasil tes IQ sangat baik untuk mengetahui kecerdasan seseorang dan dijadikan pengukur kecerdasan yang dibawa sejak lahir
E.Individual Tes
Tes IQ dirancang untu mengukur seseorang pada waktu yang sama pada beberapa orang yang berbeda
F. Wechsler Intellegence Scale for Children-Rivised ( WISC- R )
Tes ini dugunakan untuk anak lalu dikembangkan Wechsler – Belleveu Adult Intellegence scale ( WAIS) yang berfokus pada anak umur 6 – 16 tahun
G.Wechsler Preschool And Primary Scale of Intellegence ( WPPSI )
Tes yang diberikan pada anak sebelum masuk sekolah 4 – 6
H . Standford – Binet Intellegence scale
Tes sesuai dengan penjelasan pertama sekali
I.Peabody Picture Vocabolaty Test- Revised ( PPVT-R)
Cocok diberikan pada anak yang yang memiliki permasalahan khusus seperti cacat badan dimana tes ini merupakan modifiksi kosakata dari plat untuk tes IQ , kelebihan tes ini lebih objektif,akurat,teliti , namun kelemahan nya biaya,waktu dan kurang praktis dalam kelompok besar.
J.Group Intelligence Test
Bentuk tes buat group dengan tes kecerdasan kelompok kelebihan nya lebih hemat dan mudah
K.Recommendations for Teacher
Sikap guru yang sebaik nya dilakukan terkait dengan IQ Yakni :
1.See IQ a Functional Scare
2.Don’t Oevrienterpret
3.The scatter of individual Profiles
4.Think of a score Width or Scoce band
5.Be Realististic but keep an open mind
6.Insist on More Than a Score
7.Combine IQ with Other Predictiors
8.Don’t group classes Based on IQ Alone
9.Use Subgroup Norm
10.Educating The Public
L . Pengertian Kreativitas
Kreativitas adalah suatu proses yang menuntut keseimbangan dan aplikasi dari esensial kecerdasan analitis , kreatif dan praktis
M . ciri-ciri kepribadian Kreatif
1.memiliki hasrat keingintahuan yang cukup besar
2.Bersikap terbuka pada pengalaman baru
3.Panjang atau banyak akal
4.keingintahuan untuk mencari , menemukan dan meneliti
5.Cenderung mencari jawaban yang luas
6.Berfikir fleksibel
7.memiliki semangat bertanya, menganalisis,meneliti,dan latar belakang membaca yang luas.dll
N.Kepribadian yang kreatif
Defenisi kepribadian banyak kita temukan di pengertian kepribadian dalam ilmu psikologi.Dalam hal ini aspek kreativitas adalah kepribadian .Menurut Supriadi ciri-ciri kreativitas : ciri kognitif : orisinalas,fleksibilitas,kelancanran,dan eloborasi,ciri nonkognitif
O.hubungan kreatif dan kecerdasan
Ada yang mengatakan orang yang IQ nya tinggi memiliki tingkat kreativitas yang berbeda-beda , dengan yang orang yang tinggi tingkat kreatif nya tapi tidak tinggi tingkat IQ nya.

0 komentar:

Posting Komentar