QUATUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN
Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa dan tugas guru dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal: kondisi belajar yang optimal dicapai jika guru mampu mengatur sisiwa dan sarana pengejaran serta pengendalian dalam suasana yang menyenangkan untuk emncapai tujuan pembelajaran.
QT menunjukkan bagaimana menjadi guru yang lebih baik yang memudahkan proses belajar lewat pemaduan unsur seni dan pencapaian pembelajaran yang terarah.
QT adalah pengubahan belajar yang meriah , merupakan orkestrasi bermacam-macam interaksi selama momen belajar.
Asas utama QT adalah : “ bawalah dunia mereka ke dalam dunia kita”
Prinsip-prinsip nya
1.Segala sesuatu nya berbicra : baik nada suara , postur atau bahasa non verbal,lingkungan dapat mengartikan sesuatu
2.Segala nya bertujuan
3.Pengalaman sebelum pemberian nama
4.akui setiap usaha
5.jika layak dipelajari maka layak dirayakan
Model QT mengandung dua unsur yakni : konteks dan isi
Mempraktekkan QT
1.Mengorkestrasikan kesuksesan melalui konteks ( menata panggung)
- Suasana
- Landasan
- Lingkungan
- Rancangan
2.Mengorkestrasikan suasana yang menggairahkan
-Kekuatan terpendam niat
- Jalin rasa simpati dan saling pengertian
- Keriangan dan ketakjuban
- Pengambilan resiko
- rasa saling memiliki
- keteladanan
3.Memgorkestrasikan landasan yang kukuh
- Tujuan
- prinsip- prinsip
- kesepakatan,kebijakan,prosedur , dan peraturan
4.Mengorkestrasikan Lingkungan yang mendukung
- lingkungan sekeliling
- alat bantu
- pengaturan bangku
- tumbuh-tumbuhan, aroma, hewan peliharaan dan unsur organik lain nya
5.mengorkestrasikan perancangan pengajaran yang dinamis
- Bawalah dunia mereka ke dunia kita antarkan dunia meeka kedunia kita
- modalitas V ( visual ) , A ( audiovisual ), K ( kinestik )
- Model kesuksesan
- kerangka perencancangan QT
- kecerdasan :
- special visual : berfikir dalam citra gambar
- Lingustik verbal : Berfikir dan berkata-kata
- Interpersonal : berfikir lewat komuniksi dengan orang lain
- musical ritmik : berfikir dalam irama dan melodi
- Naturalis : berfikir dalam acuan alam
-Badan kintetic : berfikir melalui sensasi dan gerakan tubuh
- Interpersonal : berfikir secara reflektif
- logis – matematis : berfikir dengan penalaran
6.Kesuksesan melalui isi
7.Mengorkestrasikan presentasi prima
8.Mengoreksi Fasilitas elegan
9.Mengorkestrasikan keterampilan belajar
10.Mengorkestrasikan keterampilan hidup
11. Mengorkestrasikan kesuksesan melalui praktek

0 komentar:

Posting Komentar