Andragogi

Pendidikan Orang Dewasa
Pendidikan Orang Dewasa adalah proses yang menumbuhkan keinginan untuk bertanya dan belajar secara berkelanjutan sepanjang hidup.
Jenis – jenis Pendidikan
1.Pendidikan Massal
2.Pendidikan masyarakat
3.Pendidikan dasar
4.Penyuluhan
5.Pengembangan Masyarakat
6.Pendidikan orang dewasa
7.Masyarakat belajar
8.Pendidikan seumur hidup
9.Pendidikan Formal,nonformal , dan informal
Menurut Flores seseorang akan termotivasi untuk belajar jika kebutuhan dasar nya terpenuhi yakni :
1.Rasa Aman
2.Rasa Kasih sayang atau respon
3.Adanya pengalaman baru yang didapat
4.Adanya penerimaan dan pengakuan
Prinsip Pendidikan Orang Dewasa
Prinsip pendidikan bagi orang dewasa adalah memberikan pengetahuan tentang apa saja yang perlu diperhatikan bukan hanya sekedar menghafal namun memahami dan menerapkan nya dalam kehidupan sehari – hari.
Hukum Belajar
Unsur – unsur dalam hukum belajar adalah
1.Keinginan belajar
2.Pengertian terhadap Tugas
3.Hukum Latihan
4.Hukum Akibat
5.Hukum Asosiasi
6.Rasa tertarik keuletan dan intensitas
7.Kesiapan hati
8. Pengetahuan akan keberhasilan dan kegagalan
Penerapan Tujuan
Ada 2 tujuan dalam keberhasilan pendidikan orang dewasw yakni
1.Tujuan umum : Tujuan dari visi dan misi yang ditetapkan dalam lembaga pendidikan yang di ikuti orang dewasa tersebut
2.Tujuan Khusus : Harus adanya sasaran yang ingin dicapai , dengan adanya perubahan perilaku yang semakin baik,adanya ranah yang mendukung peningkatan pendidikan dalam hal psikomotorik,kognitif,maupun afektif( pengembangan emosi )
Pengembangan kemampuan
Beberapa hal dalam mengembangkan kemampuan yakni :
1.Mengembangkan kemampuan menilai atau mempertimbangkan
2.Mengembangkan kemampuan manipulatif atau psikomotor
3.Mengembangkan kemampuan memecahkan masalah
Membentuk kebiasaan
Ada beberapa langkah yang digunakan untuk membentuk kebiasaan yakni :
1.Temukan konsep baru dari kebiasaan yang baru yang ingin dikembangkan
2.Mulai kebiasan baru dengan keinginan yang kuat
3.Belajar lah untuk mencapai tujuan dengan semangat
4.Biasakan melatih menggunakan kebiasaan yang baru
5.Latihan kebiasan baru bisa dilakukan sesering mungkin

PROSES BELAJAR MENGAJAR ORANG DEWASA
Proses belajar mengajar orang dewasa terdiri dari
1.Tahapan Proses belajar
a. Adanya motivasi
b. Memberikan perhatian pada pelajaran
c.Mnerima dan menginggat pelajaran baru yang diajarkan
d.Reproduksi ( hasil dari apa didapat dari yang dipelajari )
e.Generalisasi
f.Terapkan apa yang sudah diterapkan dan apa umpan balik nya
2.Faktor- faktor yang mempengaruhi belajar
a. faktor fisik maupun nonfisik ( psikologis )
b.Faktor informal mau pun nonformal
3.Ciri ciri orang belajar
a. Adanya motivasi belajar dari dalam diri sendiri
b.Ada nya manfaat yang ingin dicapai dari hasil yang dipelajari
c. Adanya keadaan atau lingkungan yang mendukung untuk belajar
4.Peran dari pendidik
Peran dari seorang dalam pendidikan orang dewasa tidak jauh berbeda dengan pendidikan pada anak – anak yakni :
a.Penyebar pengetahuan
b.Pelatih kemampuan
c Perancang pengalaman belajar kreatif
5. Sikap Pendidik
Sikap seorang pendidik tidak jauh berbeda dengan banyak model pendidikan yang mengajar para anak – anak yakni :
a.Hangat , empati , terbuka , ramah , mau membantu ,
b.Menghargai , memiliki sikap tegas , pemberi semangat ( motivator )
c. Mampu menorganisasikan kelompok belajar , menerima kekurangan , tidak deskiriptif atau monopoli segala hal
Faktor yang mempengaruhi sikap dari seorang pendidik yakni :
a.karakteristik Program pendidikan :
1. Tujuan dan Rancangan Pendidikan
2. Lama nya Pendidikan
3. Harapan Penyenggaraan
b.Karakteristik Peserta didik
1.Komposisi peserta didik
2. Harapan peserta didik
c.Karakteristik Pendidik
1.Profesi pendidik
2. Keadaan pendidik

PERENCANAAN PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Perencanaan pendidikan dan ranncangan pembelajaran diperlukan agar proses pendidikan dan pembelajaran orang dewasa dapat berjalan sesuai dengan prinsip – prinsip orang dewasa
1. Komponen perencanaan pendidikan
a.Peserta didik
b. Tujuan belajar
c. Sumber pengajar ( pembimbing )
d. Organisasi pelaksana
e. Kurikulum
f. Kondisi masyarakat setempat
g. Manfaat Langsung
2.Prinsip Perencanaan Partisipatif
a.Hubungan antar anggota masyarakat yang terbina dengan baik
b.Keikutsertaan partisipan
c.Teknik kerja kelompok
d.Ramalan dan pembuatan program
e.Pengemgambilan keputusan
e.Adanya prosedur perencanaan
3.Peristiwa pengajaran
Peristiwa pengajaran adalah membuat peserta didik bergerak mulai dari dimana ia berada pada awal pengajaran menuju pencapaian kemampuan yang telah ditetapkan dengan tujuan pengajaran
4. Rancangan Pengajaran
Dalam rancangan pengajaran harus ada :
a. Identifikasi tujuan umum pengajaran
b. Melakukan analisis pengajaran
c. Identifikasi
c.Identifikasi tingkah laku Dasar dan ciri – ciri peserta didik
d. Merumuskan Tujuan performansi
e.Adanya patokan tes sebagai acuan
f.Mengembangkan Strategi pengajaran
g. Mengembagkan dan memilih Materi pengajaran
h . merancang dan melakukan evaluasi formatif
i.Merevisi materi pengajaran
j. Merancang dan melakukan evaluasi sumatif
ALAT BANTU AUDIOVISUAL PENDIDIKAN ORANG DEWASA
1.Jenis – jenis alat bantu Audiovisual adalah : TV,Radio ,Slide , Filmstrip,Tape recording,Overhead projector,LCD projector panel,Papan Tulis,
2.Manfaat Alat bantu Audivisual bagi pendidikan orang dewasa :
1.Memberikan dorongan minat
2.Membantu memberikan konsep pertama dan konsep baru mengenai hal lain
3.Meningkatkan pemahaman yang lebih baik
4.Melengkapi sumber belajar
5.Menambah variasi metode mengajar
6.Menghemat waktu
7.Meningkatkan keingintahuan , meningkatkan dan mempertahankan informasi lebih lama
Prinsip penggunaan Alat bantu Audiovisual
1.Menentukan alat bantu Audivisual apa yang ingin dipakai
2.Bagaimana penggunaan maupun pemasangan Alat bantu Audiovisual
3.Apa manfaat nya dan dan apa tujuan alat Audivisual tersebut
4.Bagaimana keefektifan dari alat tersebut
KOMUNIKASI TERTULIS DALAM PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Banyak sekali bentuk dari komunikasi dalam pendidikan orang dewasa yakni :
1.Laporan berkala yang diberikan kepada orang banyak secara pribadi
2.Surat edaran
3.Berita
4.Beluten , folder , Leaflet , atau pamflet
5.Poster
Bagaimana cara nya agar kita dapat menulis cepat sebagai pengingat dalam informasi yang kita terima ? dan bagaimana kah cara nya menulis cepat ??
Langkah – langkah nya adalah :
1.tulis lah dengan cepat dan jelas , dan dengan menggunakan kata – kata yang singkat
2. Tulisan dalam bercakap – cakap dengan kata – kata yang sederhana , sopan beri tabda baca yang jelas
3.Buat lah perencanaan ( outline ) atau draf kasar , dengan susunan kalimat dengan urutan logis


EVALUASI PENDIDIKAN ORANG DEWASA
Hal – hal yang penting dalam evaluasi dari pendidikan orang dewasa adalah :
A.Jenis dari evaluasi
1.Evaluasi Informasi : Penilaian tentang masalah yang sederhana tanpa menggunakan banyak pertimbangan prinsip – prinsip evaluasi
2.Evaluasi semi formal ( evaluasi sumatif ) : proses evaluasi versi final untuk menentkan efisiensi ,dan efeksivitas satuan acara
3.Evaluasi formal atau penelitian formal : Merupakan Proses pemorehan data yang yang akan digunakan untuk memperbaiki dan membuat seefektif mungki8n materi pengajaran
4.Evaluasi Formatif : Proses penggunaan data untuk memperbaiki dan menbuat seefektif mungkin materi pengajaran
B. Manfaat Evaluasi
1..menentukan patokan awal yang dipakai sebagai pembanding tindakan baru
2.Menentukan pengarahan kembali / perbaikan
3.Menumbuhkan rasa aman
4.Meningkatkan kepercayaan diri antara penerima evaluasi
5.memberi bukti kongkrit
6.Meningkatkan sikap profesional pada penerima evaluasi
c.Tujuan dari melakukan Evaluasi adalah
1.Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan setiap indifidu dalam kelas dalam mencapai tukuan umum yang ditentukan
2.Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai peserta didik
3.untuk meningkatkan efektifitas bahan , metode,dan kegiasan pengajaran
4.untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik , instruktur , dan masyarakat
d.Prinsip Evaluasi
1.Mempunyai Tujuan yang pasti
2.Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti
3.Bukti tentang perubahan dalam diri individu
4.Menggunakan instrument yang tepat dalam evaluasi
5.Kerjasama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuan nya
6.Tidak perlu semua hasil pembelajaran
7.Evaluasi harus berkesinambungan
f.Prosedur evaluasi
1.Cek Tujuan
2.Memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan
3.Mengumpulkan bukti
4.Menentukan sumber bukti
5.Menentukan alat untuk memperoleh bukti
6.Menganalisis bukti
7.Menggunakan hasil





SUMBER : BUKU PENDIDIKAN ORANG DEWASA Dr.Ir.Suprijanto

3 komentar:

psipddk3sks mengatakan...

(UAS) 1. Dewi, coba jelaskan berdasarkan teori andragogi berkaitan dengan pengalamanmu hingga akhirnya kamu lihat posting soal UAS ini.

08-055_dewirmh.blogspot.com mengatakan...

a

08-055_dewirmh.blogspot.com mengatakan...

Jawaban UAS Andragogi
Banyak sekali teori pembelajaran pada dewasa yang diberikan dalam mata kuliah Andragogi seperti : bagaimana cara nya memngembangkan kemampuan menilai atau mempertimbangkan , mengembangkan kemampuan mememcahkan masalah , membentuk kebiasaan , bagaimana mengajarkan tahap proses belajar , dan bagaimana cara nya menggunakan teori belajar yang kita dapat untuk memberikan hasil { untuk dapat menghasilkan suatu hal yang berguna dalam kehidupan kita sehari – hari ) karma yang paling diutamakan itu bukan hanya memperoleh pengetahuan tapi bagaimana agar informasi atau pembelajaran itu didapat untuk berguna bagi kehidupan keseharian nya . Dalam bentuk pembelajaran Demonstrasi diajarkan berkreatif untuk memenfaat kan barang- barang disekitar kita menjadi sesuatu yang bermafaat dan berguna , dan bagaimana cara nya untuk mengajarkan nya pada orang dewasa , ternyata punya kesulitan yang luar biasa juga walau pun orang dewasa itu punya tingkat intelegensi yang kompleks tapi tetap sulit , begitu juga dengan bentuk teori karya wisata yakni bagaimana agar kita bisa mengajarkan ilmu yang baru dalam bentuk yang menyenangkan , tidak kaku, ini juga mirip dengan bentuk adanya blog itu juga bentuk pembelajaran yang baru yang menarik dan tidak membosankan , dimana kita bisa lebih memanfaatkan teknologi yang berkembang dengan baik , dan saat menggunakan teori karya wisata juga begitu kita lebih banyak belajar tentang informasi di dunia luar ( di lingkungan kita ) dengan bentuk bersosialisasi , misalnya juga dalam bentuk pembelajaran bermain dan bekerjasama dengan mengorganisasikan kelompok untuk hasil yang diharapkan , dan semua bentuk pembelajaran itu harus dilakukan dengan upaya yang kreatif dengan menggunakan motivasi untuk membangkitkan atau menggerakkan para dewasa untuk mau berusaha memahami teori pembelajaran yang dipakai dalam Andragogi ini.

Posting Komentar